Kamis, 01 Agustus 2013

Mengulang Kejayaan Los Galacticos?


Real Madrid adalah salah satu tim terkaya di dunia. Hal ini bisa dilihat dari hobi mereka yang cukup rajin mengoleksi pemain-pemain mahal di ruang ganti.

Real juga merupakan sebuah klub sepakbola yang paling sering muncul di rekor bursa transfer. Dalam 10 rekor transfer termahal di dunia, hampir semuanya berhubungan dengan klub ibukota tersebut. Seolah ingin menunjukkan kekuatan finansial mereka yang luar biasa.

Anda pasti masih ingat berapa jumlah uang yang harus mereka gelontorkan untuk menciptakan Los Galacticos jilid pertama: Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo, dan David Beckham. Nama-nama ini adalah nama-nama ikon sepakbola di negaranya masing-masing. Mengumpulkan mereka di dalam sebuah klub sepakbola adalah sebuah pencapaian yang fantastis. Sebagai perumpamaan, jumlah uang untuk mendatangkan mereka semua mampu membuat Jabodetabek banjir air cendol.

Los Galacticos pun perlahan mulai terlupakan pasca bubar dan pensiunnya nama-nama di atas, kebetulan rival abadi mereka, Barcelona, mulai berjaya dan mendominasi La Liga dan juga Eropa. Dalam beberapa musim lamanya, Real selalu berada di bawah bayang-bayang Barca.

Real mulai membangun Los Galacticos jilid dua ketika mendatangkan bintang-bintang mahal (lagi) ke Santiago Bernabeu. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka mampu mengumpulkan bintang-bintang berbakat. Sebut saja Kaka, Cristiano Ronaldo (yang sampai saat ini memegang rekor transfer termahal di dunia), Karim Benzema, Xabi Alonso, Sami Khedira, Mesut Ozil, Angel Di Maria, Fabio Coentrao, Luka Modric, sampai yang teranyar Isco.

Setelah menggelontorkan dana fantastis dalam empat tahun terakhir, apakah ini membuat mereka berhenti? Nope. Real lagi-lagi berniat untuk memecahkan rekor transfer dunia untuk mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur. Kabarnya mereka tak segan merogoh kocek dalam-dalam senilai 87-90 juta Pounds untuk mendatangkan pemain sayap Wales itu ke Spanyol.

Harga Ronaldo yang mencapai 80 juta Pounds rasanya hampir mustahil untuk bisa dipecahkan, dan kini mereka berniat untuk memecahkan rekor transfer yang mereka buat sendiri hanya untuk seorang Bale? Sekedar perbandingan kasar saja, Ronaldo memiliki segalanya ketimbang Bale. Selain teknik dan juga prestasi yang ciamik, ia juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia. Bale? Untuk dibanderol dengan harga setinggi itu, rasanya masih terlalu berlebihan.

Jika saya adalah seorang Daniel Levy, saya akan dengan senang hati melepas Bale ke Real. Tak perlu memikirkannya masak-masak, uang sebanyak itu bisa saya pakai untuk membeli banyak pemain-pemain berbakat untuk mengisi lubang yang ia tinggalkan. Toh tanpa Bale juga Spurs akan tetap menjadi Spurs, tim papan tengah Premier League yang selalu kesulitan finish di zona Eropa.

Duo Ronaldo-Bale diharapkan bisa mengimbangi duo Lionel Messi-Neymar di Barcelona. Dan jika Bale benar-benar jadi bergabung, bisa dipastikan El Clasico musim depan akan kembali menarik untuk disaksikan.

Apalah arti uang sebesar itu demi mengulang kejayaan Los Galacticos? Horang kayah. Toh Florentino Perez juga pastinya sudah memperhitungkan dengan baik pengeluaran dan juga pemasukan yang akan Real dapatkan jika Los Galacticos jilid baru ini benar-benar bisa menghentikan dominasi Barcelona dengan berjaya di Spanyol, Eropa, dan juga dunia.

Source: www.bolatotal.com

1 komentar:

  1. Dan sayangnya prediksi postingan ini meleset sangat jauh dari kenyataan. Bale sangat ciamik di madrid. Ketangguhan trio BBC tak dapat disangkal dunia dengat raihan UCL berturut2 yg memecahkan rekor. Tottenham? Mereka menjadi tim sangar di EPL dan di Eropa menjadi finalis UCL

    BalasHapus