Selasa, 27 Agustus 2013

Mencari Hal Positif Dari Pertandingan Yang Membosankan


Jika laga ini dihelat di Indonesia, pertandingan yang mempertemukan Manchester United dan Chelsea ini akan bertajuk ‘Super Big Match’. Udah Big Match, pake Super pula. Luar biasa.

Sebagai salah satu fans dari tim yang bertanding, laga ini tentunya sudah saya nanti-nantikan. Oleh karena itu saya rela begadang alias tidak tidur sama sekali untuk menyaksikan pertandingan ini. Pertemuan kedua tim memang selalu menarik untuk disaksikan, nyaris satu dekade belakangan keduanya bersaing untuk menjadi yang terbaik di Inggris.

Waktu menunjukkan pukul 12 malam lewat sedikit ketika saya memutuskan untuk berangkat menuju sebuah venue nonbar di sebuah café di daerah Pancoran. Sesampainya di sana, TKP sudah penuh sesak dengan para fans MU dan juga Chelsea yang menggunakan jersey grade ori. Jersey grade ori-nya, kakak?

Semakin mendekati jam kick off, suasana di dalam café pun semakin ramai. Saya hampir tidak punya spasi lagi untuk bisa bergerak dengan leluasa, hal ini mengingatkan saya pada bus kota di jam pergi dan pulang kantor. Padat. Café yang nyaris tak memiliki ventilasi ini membuat udara di dalam semakin sesak, pendingin ruangan yang ada di dalam café tak sebanding dengan banyaknya manusia yang datang. Ditambah dengan asap rokok dari para pengunjung, lengkap sudah penderitaan saya sebagai perokok pasif.

Ekspektasi saya ternyata terlalu tinggi, sampai pertandingan berakhir tak ada satupun gol yang tercipta. Okelah jika memang tidak ada yang mampu mencetak gol, at least ada drama di pertandingan tersebut kek. Jose Mourinho yang memaki-maki wasit dan harus diusir dari lapangan, misalnya. Atau John Terry dan Rio Ferdinand yang terlibat adu gulat di dalam lapangan karena masalah keluarga. Ah, mungkin khayalan saya saja yang terlalu berlebihan.

Sebagai orang yang bela-belain begadang, berdiri sepanjang pertandingan, di tengah udara panas, dan mata perih karena asap rokok, pertandingan semalam cukup mengecewakan. Karena saya berharap ada sesuatu yang lebih seru untuk bisa ditulis di dalam artikel ini. Meski cenderung membosankan, saya akan mencoba untuk mencari beberapa hal positif dari pertandingan tersebut:

1. Wayne Rooney Diturunkan Sebagai Starter Dan Bermain Dengan Sepenuh Hati

Setelah hanya menjadi pemain pengganti di pertandingan perdana, Rooney dimainkan oleh David Moyes sebagai starter di pertandingan ini. Hal ini tak akan menjadi perhatian saya jika pertandingan ini bukan menghadapi Chelsea, tim yang ngebet ingin mendatangkan dirinya. Dan yang lebih membuat saya kagum adalah ia bermain dengan sepenuh hati, saya bisa melihat dari ekspresi wajahnya. Berbeda dengan apa yang terjadi ketika United mencukur Swansea di Liberty Stadium, saat itu ia tak merayakan gol bersama rekan-rekannya meski mencetak dua assist. Apakah ini adalah sinyal bahwa ia akan bertahan?

2. Chelsea Yang Bermain Tanpa Striker

Entah apa yang ada di benak Mourinho, yang jelas di pertandingan ini ia melakukan improvisasi. Saya tahu benar bahwa ia merupakan pelatih yang tak terlalu suka memasang banyak striker dalam timnya, tapi tidak menggunakan satu striker pun? Ini hal baru. Saya cukup shock melihat line up Chelsea, satu jam sebelum pertandingan dimulai. Saya pikir Chelsea sedang menurunkan timnas Spanyol di pertandingan tersebut. Dan meski kesulitan untuk bisa mencetak gol, lini tengah Chelsea terlihat cukup variatif dalam membangun serangan. Sayang, penyelesaian akhir masih jauh dari harapan. Fernando Torres yang masuk di babak kedua pun tidak bisa banyak membantu. Seperti biasa.

3. John Terry Dan Frank Lampard Yang Masih Cukup Berguna

Dua pemain senior Chelsea ini menunjukkan bahwa mereka masih ada. Di pertandingan ini, keduanya memegang peranan penting di pos masing-masing. Terry beberapa kali berhasil mematahkan serangan yang dibangun oleh tuan rumah, sedangkan Lampard menjadi sentral di tengah lapangan dan mengatur irama permainan dengan baik. Meski berusia di atas 30 tahun, keduanya bisa menjadi panutan yang baik bagi para juniornya di dalam lapangan. Terry dan Lampard bukan pilihan utama di bawah asuhan Rafa Benitez musim lalu, namun Mourinho yang sangat mengenal keduanya mampu mengembalikan kepercayaan diri mereka untuk tetap bermain impresif musim ini.

4. David Moyes Menjanjikan Masa Depan Cerah Di Old Trafford

Selama tur pra musim, saya banyak membaca kata ‘Moyes Out’ di Twitter. Fans United garis keras yang shock ditinggal Sir Alex Ferguson tampaknya terlalu larut dengan kenyamanan dan trofi yang membuat mereka berpikir subjektif. Mereka tidak siap dengan regenerasi, tidak menerima kenyataan bahwa Ferguson sudah berusia lebih dari 70 tahun dan ingin menikmati masa tuanya sebagai kakek-kakek. Pergantian kursi kepelatihan dari Ferguson ke Moyes pun banyak dipandang sebelah mata, bahkan United sudah dicoret dari perburuan gelar juara karena hal ini, meski berstatus sebagai juara bertahan. Well, empat poin dari dua pertandingan sepertinya cukup memuaskan. Dan bermain imbang dengan Chelsea saya rasa bukan hasil yang buruk. Bukan begitu, fans United garis keras?

5. Clean Sheet Petr Cech Yang Ke-200

Di era Premier League, tak banyak kiper yang bisa mencapai prestasi ini. Cech baru saja mencetak rekor dengan berhasil mempertahankan gawangnya tidak kebobolan sebanyak 200 kali untuk Chelsea di pertandingan semalam. Gawangnya nyaris saja bergetar, jika tendangan keras Rooney dari jarak jauh tak berhasil ditepis olehnya. Selain Peter Schmeichel dan juga Edwin van der Sar, Cech adalah salah satu kiper terbaik yang pernah ada di era Premier League. Beruntung Chelsea memiliki penjaga gawang yang menggunakan helm padahal tidak sedang naik motor tersebut.

Tuan rumah mencatatkan 12 tembakan di pertandingan tadi malam, namun hanya 3 yang mengarah ke arah gawang. Sedangkan Chelsea hanya 8 kali, tapi setengahnya adalah shot on goal. Saya memberi credit pada Rooney dan Eden Hazard di pertandingan ini, karena pergerakan keduanya yang beberapa kali menjadi ancaman bagi lawannya masing-masing. Top class performers.

Untuk sebuah pertandingan ‘Super Big Match’, statistik tadi memang tidak terlalu mempesona, bahkan cenderung membosankan. Jika tadi malam anda ketiduran, atau bahkan lebih memilih untuk tidur, anda tidak akan pernah menyesal karena tidak menyaksikan pertandingan ini. Percayalah!

Source: www.bolatotal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar