Kamis, 15 Agustus 2013

Pahlawan Inggiris Itu Bernama Rickie Lambert


Nama Rickie Lambert mendadak menjadi buah bibir setelah ia mencetak gol penentu kemenangan di debutnya bersama timnas Inggris. Hanya tiga menit setelah ia masuk dari bangku cadangan.

Inggris dua kali tertinggal lebih dulu dari saudara sepupunya sendiri, Skotlandia, sebelum akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Mereka mampu membalikkan keadaan setelah Saint Lambert mencetak gol dramatis di menit ke-70.

Pertandingan baru berjalan 11 menit ketika James Morrison melepaskan tembakan jarak jauh dan membuat publik tuan rumah terdiam. Tembakan Morrison sebenarnya sempat membentur badan Hart, namun bola berhasil masuk ke dalam gawang.

Inggris berhasil menyamakan kedudukan setelah Theo Walcott berhasil mencetak gol perdananya di Wembley pada menit ke-29. Meski nama Walcott yang tertera di papan skor, saya memberi credit pada Tom Cleverley yang memberikan umpan cantik terukur setelah menemukan celah pada pertahanan Tartan Army.

Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Wembley kembali dibuat membisu saat Kenny Miller membawa tim tamu kembali unggul, hanya empat menit memasuki babak kedua. Pertahanan Inggris yang berada di level mengkhawatirkan pun lagi-lagi harus kecolongan setelah tembakan Miller tak mampu dihadang oleh Gary Cahill. Hart harus rela memungut bola dari gawangnya untuk kali yang kedua.

Hanya butuh empat menit pula bagi Inggris untuk bisa kembali menyamakan kedudukan. Tepatnya di menit ke-53 ketika Danny Welbeck berhasil membobol gawang Allan McGregor dan membuat suporter tuan rumah kembali bergairah. Gol ini adalah gol keenam penyerang Manchester United tersebut untuk timnas Inggris.

Di menit ke-67, Roy Hodgson menarik keluar Wayne Rooney yang belakangan ramai dibicarakan karena isu transfernya. Ia memasukkan pemain antah berantah bernama Rickie Lambert, pemain yang dua musim lalu masih merumput di Championship bersama Southampton.

Are you sure, Roy? Banyak orang mengerenyitkan keningnya ketika Hodgson memutuskan untuk memainkan Lambert sebagai pengganti Rooney. “Lambert? Who’s that guy?” kicau seorang jongos bola yang ada di timeline saya. Hehehe.

Seorang striker yang punya prestasi hebat bersama timnas Inggris harus ditarik keluar dan harus digantikan oleh seorang pemula? Lambert memang tidak muda lagi, usianya sudah menginjak 31 tahun pada Februari silam. Tapi bermain untuk timnas Inggris, ini adalah hal yang baru bagi pemain yang delapan tahun lalu masih bermain di Divisi Dua untuk Stockport Country itu.

Lambert tak butuh waktu lama untuk keluar menjadi pahlawan pada pertandingan tersebut. Ia hanya butuh tiga menit untuk bisa dikenal dengan baik oleh seantero Inggris dan dunia ketika mencetak gol pada menit ke-70. Sundulan kerasnya tak mampu dihalau McGregor, ia membawa Inggris berbalik unggul 3-2. Puji Tuhan dan Sang Ratu, skor bertahan sampai pertandingan berakhir. Thank God, Lambert saved the Queen.

Lambert memberikan kesan manis pada debutnya bersama The Three Lions, hal ini pasti membuat Hodgson dengan senang hati memanggilnya kembali untuk memperkuat negaranya di pertandingan-pertandingan berikutnya nanti.

Buat yang belum tahu, Lambert juga punya torehan prestasi yang cukup membanggakan. Hanya saja mungkin luput dari media, karena ia banyak menghabiskan waktu dengan tidak bermain di divisi utama. Lambert sempat dianugerahi Championship Player of the Year 2011 atas prestasinya bersama The Saints. Ia berhasil membawa klubnya promosi ke Premier League musim lalu, setelah berhasil mencetak 31 gol dalam satu musim. Torehan jumlah gol yang luar biasa untuk seorang striker.

Musim lalu, Lambert juga mencetak sejarah setelah berhasil mencetak gol perdananya di Premier League ketika timnya harus berhadapan dengan sang juara bertahan, Manchester City. Gol itu membuatnya menjadi salah satu pemain yang pernah mencetak gol di empat divisi Liga berbeda di Inggris.

Musim lalu juga ia keluar menjadi pencetak gol terbanyak Southampton dengan 15 gol di Premier League, hal ini yang mungkin membuat Hodgson memutuskan untuk memasukkannya ke dalam skuat timnas Inggris meski usia Lambert sudah tak bisa dibilang muda lagi untuk ukuran pemain bola. But who cares? He stole our attention.

Well done, Rickie. Rickie ‘from zero to hero’ Lambert.

Source: www.bolatotal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar