Kamis, 20 Juni 2013

The X Factor


Jika anda membaca judul artikel ini, yang pertama anda bayangkan adalah sebuah panggung megah dengan tata cahaya dan sound system yang mewah sebagai latar belakang kompetisi para penyanyi berbakat yang setiap minggunya dikomentari oleh juri dan dieliminasi sesuai hasil voting terendah.

Sayangnya saya tak membicarakan tentang mengapa Fatin yang keluar menjadi juara di kompetisi tersebut padahal ia pernah lupa lirik saat menyanyi, atau sedikit melenceng dari kompetisi, gosip hubungan asmaranya dengan Mikha misalnya. Saya sedang membicarakan hal lain, tentunya yang berhubungan dengan sepakbola.

X Factor terkadang menjadi sesuatu yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata atau bahasa manapun, melainkan lebih ke sesuatu yang hanya bisa dirasakan. Dan saya ingin mengaplikasikan kata yang belakangan sering kita dengar di televisi ini ke dalam dunia sepakbola. Yang sebenarnya ingin saya bahas di sini adalah X Factor keputusan seorang pemain memilih klub barunya.

Jika anda menganggap hanya ada dua alasan seorang pemain mengambil keputusan untuk memilih klub barunya, mungkin anda salah. Why you always talk about money and trophy, but never talk about the X Factor?

Kedatangan para pemain Brazil di skuat Chelsea adalah salah satu contohnya. Waktu pertama kali Ramires didatangkan Chelsea dari Benfica di musim panas 2010, saya tak pernah menyangka bahwa akan menyusul kompatriotnya, David Luiz dan juga Oscar. Jika anda menganggap bahwa dua pemain itu bergabung dengan Chelsea karena alasan uang atau trofi, mungkin anda tak sepenuhnya benar. Mungkin ada X Factor yang membuat Luiz dan Oscar mau memilih Chelsea sebagai klub barunya, yaitu alasan lain yang tak hanya sekedar karena klub itu kaya dan juga punya peluang untuk memenangkan trofi. X Factor itu mungkin adalah Ramires.

Tak banyak orang tahu bahwa Ramires adalah salah satu teman akrab Luiz. Selain berasal dari negara yang sama, mereka juga berasal dari klub yang sama pula, Benfica. Merapatnya Luiz ke Stamford Bridge sedikit-banyak adalah karena pengaruh dari Ramires. Siapa yang tahu jika Chelsea menggunakan Ramires sebagai mediator terselubung untuk mengajak Luiz bergabung dengannya di London? Ini yang tadi saya namakan X Factor. Setelah ada Ramires dan Luiz, tak sulit untuk mengajak Oscar ikut bergabung pula. Kebetulan ketiganya menjadi andalan di timnas Brazil, membuat mereka cukup sering bertemu.

Pemikiran ini dikuatkan oleh cerita yang baru saja dikatakan oleh seorang teman saya yang baru pulang dari Stamford Bridge. Selain berkesempatan untuk menyaksikan Chelsea bertanding secara langsung, ia juga mengikuti sesi tur stadion. Ia mengatakan bahwa di dalam ruang ganti Stamford Bridge, locker Ramires, David Luiz, dan juga Oscar disusun secara berdampingan. Hal ini menunjukkan bahwa ada kedekatan khusus diantara ketiganya, selain alasan agar mereka bisa berkomunikasi dengan lancar.

Hal serupa bisa terjadi di Manchester United. Klub itu mempunyai nama, sejarah yang besar, dan juga jumlah trofi yang banyak. Tak hanya itu, tim asuhan David Moyes ini juga punya kekuatan finansial yang luar biasa. Saya tak akan heran jika nantinya rumor mengenai kepindahan Thiago Alcantara ke Old Trafford menjadi kenyataan. Selain harga tebusannya dari Barcelona yang relatif murah, ada X Factor yang bisa membuatnya menentukan pilihan.

Bersama dengan David De Gea, Thiago baru saja memenangkan trofi Euro U-21 bersama timnas Spanyol U-21. Kebetulan di partai final Thiago mencetak hat-trick dan seperti halnya para pencetak tiga gol di setiap pertandingan, ia membawa pulang salah satu bola yang dipakai di partai final tersebut. Yang menarik di sini adalah ketika seluruh pemain Spanyol menanda tangani bola keberuntungan itu sebagai kenang-kenangan untuk Thiago. Dan apa yang dituliskan oleh De Gea di bola itu bisa menjadi sebuah pertanda.

Mantan kiper Atletico Madrid itu menuliskan ‘Nos Vemos en Manchester’ yang artinya ‘See you in Manchester’ di bola tersebut. Nah, seberapa dekat De Gea dan Thiago sepertinya bisa menentukan masa depan pemain tersebut. The X Factor.

Source: www.bolatotal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar