Kamis, 08 Desember 2011

London Or Manchester?


Selama beberapa musim terakhir, banyak orang yang membicarakan tentang dimana sepak bola Inggris berkiblat. Di kota London atau Manchester?

Secara bergantian selama tujuh musim terakhir, Chelsea dan Manchester United bergantian memenangkan Premier League. Persaingan dua tim ini memang tak bisa dibendung, dalam kurun waktu tersebut Chelsea sempat memenangkan tiga gelar (2005, 2006, dan 2010), sedangkan United memenangkan sisanya (2007, 2008, 2009, dan 2011).

Tentu saja yang menjadi sorotan bukanlah kedua tim semata, tapi lebih ke kota dimana mereka bermukim. Musim ini tampaknya kota Manchester lebih mendominasi, dimana duo tim asal kota tersebut memimpin di puncak klasemen sementara saat  ini. Sementara tim-tim andalan kota London seperti Chelsea dan Arsenal harus terseok-seok di awal musim, dan keduanya tampak terlalu mudah untuk ditaklukkan oleh dua tim asal Manchester itu.

Namun layaknya roda yang terus berputar, perjalanan kota Manchester pun mulai terlihat semakin berat. Dimana laju Manchester United sempat tertahan di Premier League, tersingkir di babak perempat final Piala Carling oleh tim sekelas Crystal Palace, dan yang teranyar, gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champion setelah kalah dari Basel.

Manchester City masih kokoh di puncak klasemen saat ini, berjarak lima angka di atas United. Meski berhasil mengalahkan rivalnya itu di liga dengan skor 6-1 di Old Trafford, namun mereka tak mampu berbuat banyak di Liga Champion. Ya, senasib dengan United, mereka harus terdepak ke babak 32 besar Europa League.

Dan yang lebih buruk lagi, City dan United harus bertemu di babak ketiga Piala FA, ini berarti hanya satu klub yang akan melaju ke babak selanjutnya. Kekalahan pada kompetisi ini tentunya tak bisa ditolerir lagi bagi keduanya.

Sementara Chelsea dan Arsenal yang sempat mengalami krisis perlahan tapi pasti mulai bangkit, mereka mencoba untuk kembali merangkak ke puncak klasemen, meski Tottenham lah yang masih menjadi klub London yang ada di posisi terbaik saat ini.

Tottenham tampaknya harus terdepak di Europa League, dimana duo Manchester baru saja bergabung di sana. Dan meski tiga klub asal London ini terdepak dari Piala Carling, mereka tampaknya akan melaju dengan mudah di Piala FA karena mendapatkan undian yang relatif mudah.

Siapa yang akan menjadi tim terbaik di Inggris – dan mungkin juga Eropa – musim ini? Menurut kalian, dimanakah kiblat sepak bola Inggris yang sebenarnya? Apakah di London atau Manchester?

Maaf, kami tidak menyebutkan Merseyside dalam artikel ini, karena tampaknya kejayaan sepak bola di sana sudah lama mati.

 *Artikel ini adalah milik pribadi yang dibuat untuk Super Soccer dengan judul asli: Dimana Kiblat Sepak Bola Inggris? London Atau Manchester?*


Source: www.supersoccer.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar