Sabtu, 10 Desember 2011

Jose Mourinho vs Pep Guardiola


Apa jadinya jika dua tim raksasa yang menjadi musuh bebuyutan bertemu? Perang!

Ya, laga El Clasico jilid 1 yang akan dihelat di Santiago Bernabeu ini layaknya sebuah peperangan antara dua kekuatan besar di Spanyol. Dan dalam setiap peperangan, biasanya faktor apa yang paling penting? Taktik!
 
Nama Jose Mourinho dan Pep Guardiola adalah dua nama besar dibalik bentrokan antara Real Madrid dan Barcelona, ya karena keduanya adalah pelatih masing-masing tim yang akan beradu taktik untuk saling mengalahkan dan membuktikan diri sebagai yang terbaik di Spanyol.
 
Siapa yang tak kenal dengan Mourinho? Pelatih bertangan dingin yang bisa dibilang sukses dalam meramu timnya dimanapun ia berada. Meski sering melakukan hal-hal yang berbau kontroversial, Mourinho adalah faktor utama mengapa El Real tampil dominan musim ini dan masih duduk di puncak klasemen La Liga.

Sedangkan Guardiola seperti sudah menjadi nyawa untuk Barcelona, dimana ia mampu membawa Barcelona sampai ke level puncak dan sulit dikalahkan dalam beberapa tahun terakhir baik di level domestik maupun Eropa.

Dari segi prestasi, yang diciptakan Mourinho di Madrid mungkin tak sementereng prestasi yang dicetak Guardiola. Ia baru memepersembahkan Copa del Rey bagi tim ibukota, dan sedang mengincar juara liga pertamanya sebagai pelatih musim ini. Hal itu mungkin masih wajar, karena musim ini adalah tahun keduanya melatih Madrid.

Selain pernah memenangkan Copa del Rey pada tahun 2009, Guardiola membawa Barcelona menjadi jawara Liga Spanyol selama tiga tahun belakangan. Memenangkan Supercopa de Espana di tiga tahun yang sama, memenangkan dua trofi Liga Champion pada 2009 dan 2011, memenangkan UEFA Super Cup di dua tahun yang sama, dan pernah memenangkan FIFA World Cup pada 2009 silam. Semua itu didapatnya sejak naik menjadi pelatih utama Barcelona, pada 2008 silam.

Dari sejarah pertemuan, Barcelona tak pernah kalah di Santiago Bernabeu. Hal ini mungkin bisa menjadi acuan bagi Lionel Messi cs. untuk bisa membawa pulang poin dari sana. Sayangnya Madrid saat ini sedang dalam performa terbaik, tak terkalahkan di 15 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Kemungkinan Madrid akan mengandalkan serangan balik dengan mengadopsi formasi 4-2-3-1, sedangkan Barcelona masih pakem dengan formasi 4-3-3 dengan mendominasi penguasaan bola.

Siapa yang punya taktik terbaik pada El Clasico jilid 1 musim ini? Mourinho atau Guardiola? Yang pasti laga nanti akan berlangsung ketat seperti biasanya. Hujan kartu kuning – dan mungkin kartu merah – bisa tersaji pada pertandingan nanti. Panas.

*Artikel ini adalah milik pribadi yang dibuat untuk Super Soccer dengan judul asli: Jose Mourinho vs Pep Guardiola*


Source: www.supersoccer.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar