Jumat, 13 Januari 2012

Ramires's New Role


 Chelsea akan mencoba memainkan Ramires di posisi baru, posisi yang cukup krusial untuk mereka.

Yang dimaksud adalah posisi sayap kanan, tempat yang sampai saat ini masih belum ditempati oleh orang yang tepat. Alasannya cuma satu, Andre Villas-Boas tidak punya pemain sayap kanan murni di skuadnya. Chelsea terus mengadaptasi formasi 4-3-3 sejak era Jose Mourinho, ini berarti dibutuhkan dua pemain sayap untuk membantu kinerja seorang striker di lini depan.

Jika di sayap kiri mereka punya Juan Mata dan Florent Malouda yang merupakan pemain asli di posisi tersebut, lain halnya dengan sisi sebaliknya. Sayap kanan adalah posisi yang belakangan dipercayakan pada Daniel Sturridge, yang sebenarnya merupakan seorang penyerang tengah.

Untuk seorang pemain tengah yang diplot lebih melebar, penampilan Sturridge memang tidak terlalu buruk. Ia adalah pencetak gol terbanyak Chelsea di Premier League, sampai saat ini ia sudah mencetak sembilan gol.

Atas penampilan gemilang musim ini, Sturridge diberikan kehormatan oleh Fabio Capello untuk merasakan debut di skuad senior timnas Inggris, ia masuk dari bangku cadangan saat Inggris mengalahkan Swedia 1-0 di laga persahabatan yang dihelat di Wembley, November lalu.

Sayangnya Sturridge sedang mengalami cidera, dan hal ini cukup membuat Villas-Boas pusing. Namun sebagai pelatih yang cukup berani bereksperimen, ia memasang Ramires sebagai pemain sayap kanan. Pemain yang sehari-hari menggunakan kawat gigi ini bermain penuh selama 90 menit dan menikmati peran barunya pada pertandingan perdana Premier League tahun ini, ketika Chelsea mengalahkan Wolves 2-1 di Molineux, 2 Januari silam.

Sukses menjalani debut di posisi barunya, Villas-Boas kembali memasang Ramires di pertandingan babak ketiga Piala FA saat menghadapi Portsmouth di Stamford Bridge, sepekan setelahnya. Hasilnya? Chelsea berpesta gol, menyingkirkan Pompey dari Piala FA dengan empat gol tanpa balas. Tak hanya itu, Ramires mencetak dua gol pada pertandingan tersebut.

Dalam hal mencetak gol, Sturridge mungkin lebih ahli daripada Ramires. Namun peran Ramires yang rajin naik-turun cukup membantu kinerja tim, mengingat posisi bek kanan adalah salah satu posisi terlemah Chelsea musim ini. Ramires bisa meng-cover Jose Bosingwa yang sering terlambat untuk kembali ke posisi bertahan.

Chelsea kehilangan konsistensinya musim ini di bawah asuhan Villas-Boas, namun pelatih asal Portugal itu mendapatkan jaminan dari sang pemilik, Roman Abramovich, bahwa ia tak akan dipecat dan bahkan dipercaya untuk membangun era baru di Stamford Bridge. Saat ini mereka tercecer di posisi empat dan tertinggal 11 poin dari Manchester City di puncak klasemen, jarak yang sebenarnya masih bisa dikejar mengingat musim yang masih sangat panjang.

Ramires adalah salah satu pemain penting di skuad Chelsea musim ini, ia bisa bermain dimana saja. Sebagai gelandang jangkar, gelandang tengah, dan kini sedang mencoba untuk bermain lebih melebar di sayap kanan, sesuai kebutuhan tim. Ketika didatangkan dari Benfica pada Agustus 2010 silam dengan harga nyaris 20 juta Pounds oleh mantan pelatih Carlo Ancelotti, ia sempat kesulitan untuk beradaptasi dengan Liga Inggris. Meski tampil kurang meyakinkan, Ancelotti tetap mempercayakan Ramires untuk bermain reguler di setiap pertandingannya. Sampai akhirnya ia mulai bangkit di paruh kedua musim lalu, dan menjadi pemain kunci Chelsea.


Sejauh ini ia sudah mencetak delapan gol untuk Chelsea di semua kompetisi musim ini, sebuah pencapaian yang luar biasa untuk pemain tengah. Dipasang agak ke depan, tampaknya pundi-pundi gol Ramires akan bertambah banyak, tentunya ini menguntungkan untuk Chelsea. Dengan absennya Didier Drogba saat ini karena menjalani Piala Afrika, dan juga masa depan yang tidak pasti di London Barat, Sturridge bisa dipasang di posisi aslinya sebagai penyerang tengah jika Drogba benar-benar hengkang.

Yang pasti, Chelsea berusaha untuk bisa bangkit di paruh musim kedua. Dan apakah Ramires mampu menjalani peran barunya dengan baik dan menjawab kepercayaan yang diberikan sang pelatih kepadanya? Dari penampilannya sejauh ini sih, sepertinya ia cukup meyakinkan. Bagaimana menurut anda?

*Artikel ini adalah milik pribadi yang dibuat untuk Super Soccer dengan judul asli: Peran Baru Ramires Di Chelsea*

Source: www.supersoccer.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar